Saturday, December 12, 2009

PARIWISATA SEBAGAI PILAR EKONOMI

Oleh : Ki Supriyoko

Pariwisata saat ini menjadi sektor yang telah mengambil peran sangat strategis dan penting dalam sektor pembangunan ekonomi bangsa-bangsa di dunia pada umumnya. Salah satu kontribusi penting yang dapat disumbang-kan dari pengembangan sektor pariwisata itu sendiri adalah pemberdayaan masyarakat atau komunitas lokal. Pengembangan pariwisata Indonesia harus dapat memberdayakan masyarakat Indonesia; demikian juga pengem-bangan pariwisata Yogyakarta harus dapat memberdayakan masyarakat Yogyakarta. Demikianlah ilustrasi konkritnya.

Hal tersebut berkembang secara implisit dan eksplisit pada International Conference on Cultural Tourism and Local Communities 2006 di Yogyakarta, Indonesia yang melibatkan 350-an peserta dari 31 negara di berbagai benua; Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.

Pada forum tersebut bahkan pimpinan United Nations World Tourism Organization (UN-WTO) menegaskan kemungkinan dikembangkannya pariwisata untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan; maksudnya mengembangkan pariwisata untuk menegakkan sektor ekonomi yang pada ujungnya untuk mengentaskan kemiskinan.

full article

0 Comments:

Post a Comment



Subscribe via email

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
CO.CC:Free Domain

Blog Archive