Saturday, December 12, 2009

BAB II

PEMBAHASAN

A. Tinjauan Teoritis

Penyesuaian diri (adaptasi) pada awalnya berasal dari pengertian yang di dasarkan pada ilmu biologi, yaitu yang dikemukakan oleh Charles Darwin yang terkenak dengan teori evolusi. Ia mengatakan “genetic change can improve the ability of organism to survive, reproduce and an animal raise of spring, this is process is called adaptation”. Artinya, tingkah laku manusia dapat di pandang sebagai rekreasi terhadap berbagai tuntutan dan tekanan lingkungan tempat ia hidup, seperti cuaca dan berbagai unsur alamiah lainnya.

Dalam istilah psikologi, penyesuaian diri (adaptasi dalam istilah biologi) di sebut dengan istilah adjusment. Adjusment merupakan suatu proses untuk mencari titik temu antara kondisi diri dan tuntutan lingkungan (Davidoff, 1991). Jadi penyesuaian diri merupakan suatu proses alamiah dan dinamis yang betujuan mengubah perilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih sesuai dengan kondisi lingkungannya (Fatimah, Enung, 2006).

Sebagai makhluk hidup, manuia di tuntut untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, kejiwaan dan lingkungan alam sekitarnya secara alami telah di bekali kemampuan untuk menolong dirinya sendiri. Kehidupan secara alamiah ini juga mendorong manusia untuk terus menerus menyesuaikan diri dan berusaha untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan jasmani dan rohaninya.


DOWNLOAD FULL

0 Comments:

Post a Comment



Subscribe via email

Blog Archive