Saturday, December 12, 2009

Fenomena kemiskinan di Indonesia sudah bukan menjadi hal yang baru, sejak dulu ketika pemerintahan pertama Indonesia terbangun, negeri ini telah di cengkram kuat oleh yang namanya kemiskinan. Kenyataan itu telah menciptakan sebuah tanda tanya besar di lubuk hati seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana tidak, Indonesia adalah salah satu negeri yang terkenal dengan kekayaan alamnya. Dari mulai bahari, hutan dan kandungan buminya. Saking kaya dan suburnya tanah Indonesia hingga ada satu istilah yang berkata “tongkat kayu dan batu jadi tanaman”. Namun semua kekayaan itu bukan kita yang menikmati tetapi orang-orang kapitalis asing yang tak pernah kenyang mengeruknya, juga pemerintah kacung yang dengan mudahnya menjual kekayaan negeri ini kepada mereka.

Kini kekayaan tinggalah kekayaan, seluruh rakyat Indonesia hanyalah memiliki semua itu dan berbanggaa dengan kekayaan alam yang dimiliki negerinya tanpa pernah menikmatinya. Maka kemiskinan dimana-mana. PT. Freeport Indonesia, perusahaan emas di Papua miliki Amerika yang berdiri sejak puluhan tahun yang lalu tidak bisa mensejahterakan masyarakat sekelilingnya. Orang-orang Papua hanya dijadikan sebagai tukang-tukang saja yang tidak pernah meraup keuntungan dari kekayaan alam di tanahnya sendiri. Cepu, sebuah kilang minyak tradisional di Jawa Timur yang sudah menjadi mata pencaharian masyarakat sekitarnya kini sudah dimiliki oleh Exxon Mobil sebuah perusahaan miliki Amerika. Blok Cepu di jual oleh pemerintah tanpa melihat dampak buruknya pada masyarakat. Dan masih banyak lagi tempat-tempat lainnya yang dijual pemerintah kepada perusahaan asing. Padahal negara hanya diuntungkan beberapa persen dari perusahaan tersebut, tidak lebih dari 30% saja negara mendapat keuntungan dari kekayaannya sendiri. Pemandangan yang sangat ironis, dimana seluruh kekayaan alam adalah milik negara dan akan dikelola oleh negara untuk kesejahteraan seluruh rakyatnya. Tapi kenyataannya?

Kesalahan pemerintah yang tidak mampu menjaga dan mengelola kekayaan alam kita adalah penyebab utama semakin tingginya angka kemiskinan di Indonesia meskipun berbagai program telah dicanangkan dan dilaksanakan. Oleh sebab itulah penulis menyusun makalah ini dengan tujuan untuk menjelasakan secara spesifik faktor yang menyebabkan semakin tingginya angka kemiskinan meskipun berbagai program penanggulangan telah dilaksanakan.

DOWNLOAD FULL

0 Comments:

Post a Comment



Subscribe via email

Blog Archive