Saturday, December 12, 2009

Pengertian Neonatus
Masa bayi neonatal menurut kamus yang baku merupakan permulaan atau periode sebagai individu bukan sebagai parasit di dalam tubuh ibu.
Pengertian lain menyebutkan bayi baru lahir adalah makhluk ciptaan tuhan yang paling tinggi sebagai hasi konsepsi ovum dan spermatozoon dengan masa gestasi memungkinkan dapat hidup diluar kandungan.
Bayi baru lahir disebut neonatus, dengan tahapan :
1. Umur 0 – 7 hari disebut neonatal dini
2. Umur 8 – 28 hari disebut neonatal lanjut
Ciri – ciri bayi neonatal :
 Masa bayi neonatal merupakan periode tersingkat dari semua perkembangan, masa ini dimulai dari kelahiran dan berakhir pada saat bayi menjelang dua minggu. Periode yang tersingkat dari semua periode perkembangan yang ada, menurut kriteria medis penyesuaian ini akan berakhir pada saat tali pusat lepas dari pusarnya, sedangkan menurut kriteri fisiologi berakhir pada saat bayi mulai menunjukan tanda – tanda kemajuan perkembangan perilaku.
 Masa bayi neonatal merupakan masa terjadinya penyesuaian yang radikal. Masa dimana suatu peralihan dari lingkungan dalam ke lingkungan luar.
 Masa bayi neonatal merupakan masa terhentinya perkembangan. Ketika periode pranatal sedang berkembang tiba-tiba terhenti pada kelahiran.
 Masa bayi neonatal merupakan pendahuluan dari perkembangan selanjutnya. Perkembangan individu di masa depan akan tampak pada waktu dilahirkan.
 Masa bayi neonatal merupakan periode yang berbahaya, baik secara fisik maupun psikologi. Secara fisik periode ini berbahaya, karena sulitnya mengadakan penyesuaian diri secara radikal yang terpenting pada lingkungan yang sangat baru dan sangat berbeda. Secara psikologi, masa bayi merupakan saat terbentuknya sikap dari orang-orang yang berarti bagi bayi.

DOWNLOAD FULL

0 Comments:

Post a Comment



Subscribe via email

Blog Archive